Wednesday, February 12, 2020

Jangan Membenci dan Jangan Dendam Meski Kamu Sering Disakiti, Belajarlah Untuk Selalu Memaafkan

Loading...

Loading...
Ketika ada yang menyakitimu, maka belajarlah lembutkan hati untuk memaafkan, mungkin awalnya memanglah sulit, tapi saat kamu belajar insya Allah perlahan akan mudah.

Lantas saat ada yang menyakiti hatimu, jangan biarkan rasa itu terus mengelabuhi keadaan hatimu. Sungguh semua itu adalah jalan dari Allah agar kamu bisa belajar bersabar dan ikhlas.


Cobalah Belajar Walau Hakikatnya Memaafkan Saat Disakiti Itu Sulit

Karena melunakkan hati itu memang harus ditempuh dengan belajar dan terus belajar, maka cobalah kamu belajar meskipun itu sulit.

Lantas jangan kamu pikir orang yang aslinya penyabar tidak bisa menempuh jalan kesal atau tidak terima seperti yang kamu rasakan, karena dia pasti melewati fase itu, hanya saja dia mampu menahan rasa yang bergejolak dengan kesabaran.

Jangan Biarkan Hatimu Meninggi Dengan Rasa Benci

Ingatlah, Allah yang maha sempurna dan maha tinggi saja selalu mampu memaafkan kesalahan hamba-hambanya, apalagi kamu yang statusya hanya seorang hamba yang tidak punya apa-apa.

Lantas, saat kamu merasa sangat tidak enak hati ketika disakiti, maka cepatlah hempaskan rasa yang demikian dan jangan biarkan hatimu meninggi dengan rasa benci.

Bepikirlah Bijak, Karena Bisa Jadi Orang Yang Menyakiti Adalah Jalan Untukmu Melatih Hati Dengan Kesabaran

Karena bisa jadi perlakuan buruk yang datang dari orang lain itu adalah jalan dari Allah agar kamu bisa melatih sabarmu.

Maka berpikirlah bijak sebelum hatimu membeku dengan kebencian, pikirkanlah bagaimana Allah memaafkan kesalahan-kesalahanmu, dan harusnya kamu juga jangan egois dalam memaafkan kesalahan orang lain.

Maafkanlah, Karena Semakin Kamu Memaafkan Maka Semakin Mulia Kamu Disisi-Nya

Latihlah dirimu untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala kesulitan hidup, lebih tepatnya perlakuan buruk orang lain, karena sungguh besar pahala dan kemuliaan yang dimiliki orang-orang sabar.

Dan maafkan dia yang menyakiti, jika sulit tekanlah hatimu untuk selalu bisa belajar, karena semakin kamu memaafkan dalam rasa sakitmu maka akan semakin mulia kamu disisi-Nya.

Maka Jangan Biarkan Hatimu Keras Dengan Kebencian dan Dendam

Percayalah, Allah melihat semua usahamu dalam bersabar dan memaafkan, dan setelah itu pasti Dia akan menepati janji untuk memberimu banyak kebaikan.

Jadi, meski sangat sakit hatimu tetaplah kamu memaafkan, jangan biarkan hatimu keras dengan kebencian dan dendam, karena Allah sangat tidak suka bila kamu sampai berlaku demikian.