Siapa sih istri yang mau diselingkuhi, sepertinya tak ada yang mau. Sebisa mungkin istri akan menjaga suaminya agar tetap setiap dengan menjadi istri yang baik.

Tapi bagaimana jika ternyata suami justru ketahuan menduakanmu? Sakit? Jelas, tapi jangan sampai hilang akal sehat ladies. Ini yang sebaiknya kamu lakukan jika suami ketahuan selingkuh.

Jangan menggila

Marah boleh, kecewa dan menangis tentu akan kamu rasakan, tapi jangan sampai kamu menjadi orang gila. Terapis dan ahli pernikahan Laurie Watson mengatakan, sebaiknya kamu tenang, jangan terlalu emosional dan kumpulkan segala akal sehatmu.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, jangan sampai anak tahu tentang hal ini dulu. Perselingkuhan bukan berarti berujung ke perceraian, ketahui sebab dan penjelasan mengapa suami melakukannya.

Redam emosi dan putuskan akan dibawa ke mana pernikahan ini

Kamu punya dua pilihan, untuk bercerai atau mempertahankan pernikahan. Terapis Dr. Jane Greer mengatakan, beberapa orang akan mempertahankan pernikahannya, tapi pastikan bahwa suami minta maaf dan menyadari kesalahannya, mau bertanggung jawab atas perbuatannya dan berubah lebih baik.

Jangan memohon suami untuk kembali seperti dulu

Terapis seks dan pernikahan Laurie Watson mengatakan, hal penting lainnya adalah jangan memohon. Jangan pernah memohon padanya untuk mempertahankan pernikahan. Sebaliknya, tekankan padanya bahwa kamu masih mau mempertahankan pernikahan, entah itu demi anak atau karena cinta pada suamimu sendiri. Katakan, ‘Aku mau kamu, aku mau pernikahan ini berlanjut.”

Temui terapi atau ahli pernikahan

Tak semua orang menjalani pernikahan yang mulus, dan tak ada salahnya menerima saran dari ahli. Ketika perselingkuhan terjadi, ada satu hal yang harus diperbaiki, yaitu kepercayaan terhadap pasangan karena luka pengkhianatan. Pada akhirnya, kalian berdua harus melihat situasi dan bekerja sama membangun pernikahan kembali, dengan komitmen dan tanggung jawab.

Tak mudah memang menghapuskan rasa sakit karena pengkhianatan yang suami lakukan. Apalagi kamu tak ingin pernikahan ini berakhir dengan perceraian. Tapi jika kalian berdua sama-sama masih ingin rumah tangga ini berlanjut, ia benar-benar harus berubah.