Setiap pasangan suami-istri pasti memiliki kesamaan dan perbedaan. Kita dan pasangan adalah individu yang berbeda maka wajar kita terjadi masalah karena perselisihan atau lainnya.

Mengutip buku The Introvert Advantage, menerangkan bahwa hubungan yang tidak memiliki konflik pernikahannya tidak berjalan dengan baik. Karena masalah hadir untuk memperkuat pernikahan. Bahkan selalu ada hikmah yang bisa kita kita ambil dari masalah yang kita hadapi serta bisa mendewasakan kita.

Maka dari itu pasangan suami-istri harus mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah keluarga agar semakin membuat hubungan lebih kuat dari waktu ke waktu. Berikut Ini Manfaat dari masalah didalam pernikahan.

1. Lebih Memahami Karakter Masing-masing

Ketika dihadapkan dengan masalah memang tidak mudah. Semua emosi bercampuk menjadi satu sehingga sulit untuk berpikir jernih dan tidak merasa baik-baik saja. Akan tetapi masalah yang ada membuat kita belajar kerakter pasangan kita lebih baik lagi. Kita akan menjadi lebih terbuka dan bisa membangun komunikasi yang baik.

2. Sebuah Konflik Bisa Mengurai Benang Kusut

Masalah terjadi karena ada hal yag salah, maka dari itu jika mau belajar pasti bisa membenahi. Meskipun ada pertengkaran atau perdebatan namun semua itu hanya akan semakin terbuka dan menyampaikan isi hati juga perasaan. Sehingga bisa mengurangi hal yang tidak baik.

Dengan demikian akan lebih jujur atas kebutuhan, keinginan sehingga pernikahan semakin baik karena sama-sama memenuhi kebutuhan satu sama lain.

3. Sebuah Konflik Bisa Membuka Sudut Pandang Pasangan

Terkadang kita memang sulit memahami karakter pasangan karena tidak berusaha melihat dari sudut pandangnya. Dari masalah yang ada, dari perdebatan, pertengkaran itulah justru bisa membuka sudut pandang pasangan mulai dari yang diucapkan sehingga kedepannya bisa mencegah masalah yang sama.

Karena menyikapi masalah sangat menentukan langgeng tidaknya sebuah hubungan. Maka dari itu bersyukurlah ketika terjadi konflik, lebih baik jagalah hubungan agar selalu baik-baik saja. Bangun komunikasi dengan baik, terbuka satu sama lain juga apapun masalahnya harus diatasi dengan kepala dingin. Dan jangan memendam masalah, lebih baik cepat selesaikan sehingga pernikahan akan tetap baik-baik saja.