Sunday, January 5, 2020

Ini dia Tips Hubungan Rumah Tangga Tetap Awet di Era Sosial Media

Loading...

Loading...
Kita hidup dizaman digital yang membuat kita merasa jauh meski sedang bersama dan merasa dekat dengan seseorang yang jauh entah dimana. Bahkan tidak jarang kita meihat orang yang sedang bersama namun sibuk dengan gadget mereka masing-masing. Yang lebih parah mereka yang demikian adalah pasangan suami-istri.
.
Padahal ketika sedang bersama pasangan ada banyak hal yang lebih baik, lebih bermanfaat untuk dibicarakan dan didiskusikan bukan malah sibuk sendiri dengan gadget masing-masing. Padahal hal tersebut menunjukkan bahwa pernikahannya tidak baik.


Melansir Time, Berikut Ini Tips Untuk Menjaga Hubungan Agar Tetap Awet

1. Kurangi Aktivitas di Media Sosial

Para ahli mengatakan bahwa pasangan yang mengurangi aktivitas di media sosial akan mendapatkan pernikahan yang lebih bahagai dan romantis. Bahkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Academy of Management Best Paper Proceedings, mengatakan bahwa menggunakan tekhnologi secara konstan bisa mengganggu kesehatan mental para pasangan.

Penelitian tersebut dibenarkan dengan adanya fenomena yang bisa merusak kebersamaan dengan pasangan. Ia cenderung tidak peduli dan acuh kepada orang yang ada disekitarnya karena fokus pada ponselnya.

Bahkan hal tersebut bisa membuat pasangan merasa depresi.

2. Bijak Ketika Memamerkan Kemesraan di Media Sosial

Sosial media menjadi tempat pamer banyak hal termasuk kemesraan setiap pasangan. Semua dilakukan agar dikatakan sebagai pasangan terbaik yang diinginkan semua orang. Padahal kebiasaan pamer hubungan mesra di media sosial justru berdampak buruk pada pernikahan.

Studi yang dilakukan oleh Psychology of Popular Media mengatakan bahwa memamerkan kemesraan secara berlebihan di media sosial berkaitan dengan tingkat kepuasan hubungan yang lebih rendah.

Namun ada penelitian lain yang dilakukan pada 2013 mengatakan bahwa hubungan pernikahan akan semakin dekat ketika memposting kebersamaan dan kemesraan di media sosial.

Mungkin kedua teori tersebut benar, hanya saja tergantung seberapa besar seseorang memamerkan kemesraan dengan pasangannya. Menurut Robert Weiss, ahli psikoterapis asal California.mengatakan kita harus bijak dalam mengunggah foto di media sosial jangan sampai pasangan anda merasa malu dengan unggahan anda.

3. Buat Aturan yang Tegas Mengenai Kebiasan Chat Dengan Pasangan

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, ada yang suka diberi kabar secara terus-menerus ada pula yang lebih suka memberi kabar tidak terlalu sering.

enurut Robert Weis yang terpenting jangan sampai putus komunikasi, hal demikian tergantung dari kesepatakan bersama.

4. Waspada Micro-cheating di Media Sosial

Micro Cheating adalah hal sepele seperti mengirim emoji, merayu orang lain atau hal-hal sepele lainnya yang membuat orang lain merasa bahagia dan tertarik kepadanya.

Hal ini bisa menjadi perselingkuhan emosional karena ia lebih fokus kepada orang lain di media sosial dari pada kepada pasangannya. Hal tersebut dikatakan oleh konsultan sekaligus Psikolog asal Australia, Melanie Schilling.

Menurut Robert Weiss, cara mengatasinya adalah terbuka kepada pasangan dan harus memahami sosial media dengan baik. Saling percaya maka tidak akan memiliki prasangka buruk kepada pasangan.

Itulah tips menjaga pernikahan di era digital sekarang ini