Monday, November 13, 2017

Ingat Uang Kertas Seratus Rupiah bergambar Perahu Pinisi Ini? Kamu Masih punya ga? Pasti kamu belum tau Sekarang Harganya Segini!!

Loading...

Loading...
Teringat dulu zaman masih kecil, Almarhum Nenek jeanny sering nih kasih uang merah ini buat sekedar jajan, di masa itu uang seratus ini masih bisa buat jajan, (Anak zaman now mah mana bisa jajan pakai duit seratus rupiah, yang ada maunya seratus ribu rupiah).

Dulu nih uang kertas seratus sangat berjasa saat lagi haus di sekolah, cuma dengan 2 lembar saja bisa buat beli minum teh botol sekitar tahun 1992. Bener ga? Ada yang punya kenangan sama uang kertas ini? Misalnya untuk membelikan apa gitu buat siapa heheh..

Uang kertas Merah seratus rupiah ini dulu beredarnya bareng sama lima ratusan yang gambarnya monyet itu loh. Pasti deh inget kalau uang lima ratusan monyet itu, heheh Ada fakta menarik nih tentang uang kertas ini, Uang ini beredarnya lama loh.. Hingga tahun 2000!! Terakhir kali jeanny pegang uang seratus ini sekitar tahun 2004. Saat ini nenek jeanny ngasih anak anak uang itu dan anak anaknya malah bilang "Nek udah ga kepake ini nek" hehehe


Kalau kamu masih memiliki uang lembaran Rp 100 bergambar perahu layar ini bisa jadi Anda orang yang beruntung!!, Banyak kolektor yang nyari uang ini, bahkan di beberapa marketplace besar indonesia banyak yang jual uang ini..

Seperti dikutip dari uanglama.com, kalangan numismatis Indonesia, uang ini dinamai "uang perahu layar" atau "uang kapal layar". Uang kertas 100 rupiah yang beredar sebenarnya ada beberapa versi. Mungkin, Kita tak pernah sadar karena perbedaannya tidak begitu mencolok. Ada uang kertas 100 rupiah yang bertuliskan PERAHU PINISI namun ada pula yang bertuliskan PERAHU LAYAR. Selain itu, ada uang kertas 100 rupiah yang memiliki benang pengaman namun ada pula yang tidak memilikinya. Lalu, Seperti apa 100 rupiah kertas yang asli?

Jenis uang kertas pecahan 100 rupiah yang dirilis oleh BI pada tanggal 28 Desember 1992 adalah uang kertas dengan tulisan PERAHU PINISI. Soal benang pengaman, uang kertas 100 rupiah asli justru tidak memiliki benang pengaman.  Jenis pengaman yang digunakan kala itu adalah watermark logo garuda pancasila.

Jeanny sendiri kaget juga setelah browsing ke situs olx dan menemukan harga Jual uang kertas seratus rupiah ini bahkan ada yang tembus sampai Sepuluh Juta Rupiah loh!!! Lihat gambar ini



Sebenarnya Kenapa bisa sampai segitu sih harganya? Ini nih Fakta yang Jeanny kutip dari situs vebma.com

Penyebab utama mengapa uang kertas 100 lembar mahal adalah karena  adanya rumor dari mulut ke mulut yang menyatakan bahwa uang kertas bertuliskan “PERAHU LAYAR” itu langka. Padahal, uang jenis ini sebenarnya hanya uang fiktif atau buatan oknum pada saat ini. Jika benar uang kertas 100 rupiah mahal, maka harusnya yang dipatok ratusan ribu adalah uang kertas 100 rupiah asli yang merupakan emisi 1992. Maksud dari emisi 1992 adalah uang kertas yang dicetak pada tahun 1992 (ditandai dengan tulisan “Perum Percetakan Uang RI IMP. 1992” pada bagian kanan bawah uang nampak depan).

Penyebab lain mengapa banyak orang yang berminat dengan uang kuno ini adalah karena kepercayaan bahwa uang kertas 100 rupiah kertas bisa diubah menjadi pecahan ratusan ribu oleh  dukun. Entah darimana rumor ini berasal, namun nyatanya banyak kaum awam yang sengaja mencari uang kertas ratusan demi melakoni praktik sulap yang bisa dikatakan penggandaan uang ini.

Mungkin,Anda akan berfikir “apakah iya harga uang seratus rupiah kini selangit? Dan siapa pula yang rela mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk uang seratus rupiah?". Pada praktiknya memang ada orang yang membeli, yaitu orang yang percaya bahwa uang kertas bertuliskan perahu layar adalah barang langka dan orang yang percaya bahwa uang 100 rupiah bisa digandakan.

Nah itu dia faktanya kenapa bisa jadi mahal, Gimana dengan kamu? Masih punya uang 100 perahu ini? Ini bisa buat jadi pelajaran ya, Uang kuno itu nilainya lumayan tinggi, Jadi ada baiknya kita simpan, Siapa tau 10-20 tahun ke depan uang sekarang akan bernilai tinggi juga.